Minggu, 14 Desember 2014

LINGKUNGAN BISNIS








Assalamualaikum wr.wb

Hai, readers kali ini saya bakal memaparkan tentang ruang lingkup bisnis atau bisa kita sebut lingkungan bisnis. 

LINGKUNGAN BISNIS
Setiap badan usaha , baik besar, sedang, maupun kecil secara langsung maupun tidak langsung akan berinteraksi dengan lingkungan dimana badan usaha tersebut berada. Dan lingkungan tersebut akan dengan cepat berganti. Jadi, bisa dibilang badan usaha yang mampu bertahap lama adalah badan usaha yang bisa menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan. Dan jika badan usaha mengalami masa kehancuran berarti badan usaha tersebut sama sekali tidak memperhatikan atau menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Badan usaha tersebut bisa kita sebut dengan suatu perusahaan . Dan lingkungan perusahaan akan sangat beroengaruh terhadap kinerja perusahaan tersebut .
          Lingkungan perusahaan dibagi menjadi dua jenis : 

  1. -      Eksternal perusahaan 
  2. -   Internal perusahaan

Kali ini kita akan membahas tentang lingkungan eksternal perusahaan ,
Lingkungan eksternal perusahaan dibagi lagi menjadi 2 bagian yg pertama :
-      Lingkungan umum, meliputi berbagai factor seperti, ekonomi, politik, social dan teknologi.

-      Lingkungan industry, aspek aspek yang terdapat dalam konsep stategi bersaing.
-       
v      Lingkungan umum
Lingkungan yang secara tidak langsung mempengaruhi kinerja perusahaan dan hamper semua perusahaan dipengaruhi oleh lingkungan tersebut. Komponen-komponen yang termasuk dalam lingkungan umum yaitu, demografi,ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.

a. Demografi , mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui demografi . Jadi demografi adalah suatu isu yang perlu diamati oleh suatu perusahaan. Lingkungan demografi itu terdiri atas : struktur umur penduduk, permasalahan jenis kelamin(gender), ras, peluang kerja, pengangguran, dan masalah-masalah lainnya.

b. Ekonomi, suatu lingkungan yang sangat mempengaruhi prestasi kerja dari suatu perusahaan yang meliputi , tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat pendapatan masyarakat, perubahan selera dan pola perubahan konsumen yang disebabkan oleh perubahan pendapatan.. Dan perusahaan harus memperhatikan perkembangan indicator-indikator ekonomi agar bisa menetapkan strategi yang efektif.
Kondisi ekonomi suatu Negara sangat mempengaruhi iklim berbisnis suatu perusahaan , yang artinya jika semakin buruk kondisi ekonomi maka semakin buruk juga iklim bisnis. Saat itulah Peran pemerintah sangat diperlukan yaitu bersama-sama dengan masyarakat memperthankan atau meningkatkan kondisi ekonomi sehingga pelaku bisnis dapat meningkatkan atau memajukan bisnisnya.

c. Alam, merupakan sumber daya alam yang memberikan bahan-bahan yang dibutuhkan dan diolah oleh perusahaan. Ketersediaan bahan-bahan akan sangat menjamin kelancaran kerja dari perusahaan. Tapi, perusahaan tidak dapat melakukan aktivitasnya dengan baik jika bahan-bahan yang diperlukan tidak tersedia.

d. Teknologi, yaitu suatu kekuatan yg dapat menciptakan produk dan inovasi baru. Perusahaan perlu mengamati setiap perkembangan penggunaan teknologi. Penggunaan teknologi yg canggih akan dapat menciptakan daya saing yg kuat bagi perusahaan yang nantinya akan mengubah cara kerja perusahaan . Teknologi juga tidak hanya tentang inovasi-inovasi baru namun juga, meliputi cara pelaksanaan, metode baru dalam mengerjakan suatu pekerjaan seperti, mendesain, menghasilkan, dan mendistribusikan .

e. Politik, yaitu suatu kebijakan-kebijakan yg dibuat oleh pemerintah sering sekali berisi tentang politis. Dan kebijakan tersebut sering berlawanan arah dengan misi dan tujuan perusahaan. Ada perusahaan yang justru diuntungkan oleh kebijakan tersebut, namun ada juga yang dirugikan. Hal utama yg perlu diperhatikan dari factor politik agar bisnis dapat berkembang dengan baik yaitu :
- UU tentang lingkungan dsn perburuhan
- Peraturan tentang perdagangan luar negeri
- Stabilitas pemerintah
- Peraturan tentang keamanan dan kesehatan
- Sistem perpajakan 

f. Sosial dan budaya. Masyarakat dan budaya merupakan kekuatan yg secara umum mempengaruhi kehidupan perusahaanyang tercermin dalam nilai-nilai kemasyarakatan dan agama, perilaku dan kepercayaanManajer-manjaer harus menyesuaikan praktik dengan harapn masyarakat yg berubah-ubah . Kondisi social masyarakat memang berubah-ubah , misalnya sikap, gaya hidup, adat istiadat, kebiasaan. Kondisi cultural,ekologis dsb.

Sekian postingan dari saya . Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar