Assalamualaikum wr.wb
Hai readers , jumpa lagi dengan
saya di blog ini . Sebelumnya saya membahas tentang lingkungan ekternal
(lingkungan umum). Namun kali ini kita tetap membahas lingkungan eksternal tapi
tentang lingkungan industri . SO, check this out !
Lingkungan Industri
Lingkungan ini sangat berpengaruh
terhadap aspek persaingan antar perusahaan . Hal ini mengakibatkan akan muncul
factor-faktor yang harus dihadapi oleh perusahaan yaitu ancaman-ancaman dan
kekuatan-kekuatan yang harus diananlisis dengan baik oleh perusahaan.
Terdapat 6 aspek atau variable
yang membentuk model untuk strategi bersaing yaitu :
1.
Ancaman masuk pendatang baru
Masuknya suatu perusahaan sebagai pendatang
baru akan menimbulkan sejumlah ancaman bagi
perusahaan yang sudah ada sebelumnya dan akan terjadi perebutan pasar yg
semakin kompetitif serta perebutan sumber daya produksi yang akan terbatas.
Namun ada beberapa factor yang menjadi penghalang terhadap pendatang baru untuk
masuk ke dalam lingkungan industry atau bisa juga disebut hambatan masuk .
Faktor-faktor tersebut adalah :
ü Skala
ekonomi, sebagai pendatang baru yang berproduksi dalam skala kecil, akan
dipaksa berproduksi dengan harga ata biaya yang tinggi untuk setiap unit barang
yang mereka produksi .
ü Diferensiasi
Produk, perbedaan akan menciptakan suatu hambatan untuk masuk sehingga memaksa
para pendatang baru untuk mengeluarkan biaya dan usaha yang besar untuk merebut
pelanggan.
ü Kecukupan
modal, Jenis industry yg memerlukan modal yang besar merupakan hambatan bagi
pebisnis baru , terutama jenis industri yang membutuhkan riset dan pengembangan
serta eksplorasi.
ü Biaya
peralihan, biaya yg harus dikeluarkan pembeli apabila berpindah dari pemasok
tertentu ke pemasok lainnya. Biaya ini ditanggung oleh konsumennya, jika biaya
peralihan yang ditanggung cukup besar pesaing baru harus penawaran yang lebih
menarik , terutama soal harga.
ü Akses
kesaluran distribusi, jalur distribusi sangat menentuka penyebaran produk,
dimana perusahaan yg memiliki jalur distribusi yg luas dan bekerja dengan baik,
akan dapat menhambat produk baru kedalam pasar yg dikuasai. Jadi bagi pendatang
baru harus mengeluarkan biaya yg besar untuk membangun saluran sendiri.
ü Keunggulan
biaya , keunggulan biaya yang dimiliki oleh perusahaan yang sudah ada sangat
sulit ditiru oleh pendatang baru. Keunggulan ini mungkin dikarenakan teknologi,
konsesi bahan baku, atau juga subsidi pemerintah.
ü Peraturan
pemerintah, pemerintah membuat suatu aturan-aturan dibidang-bidang tertentu.
Contohnya Daftar Investasi Negatif (DIN), dan peraturan pemerintah tsb. Dapat
menghambat masuknya pendatang baru .
Cukup sekian dulu ya mengenai materi yg diposting ,
Selanjutnya saya masiih akan memposting
mengenai ke enam aspek tersebut. So, wait yaaa J
0 komentar:
Posting Komentar