Minggu, 14 Desember 2014

Lingkungan eksternal (Lingkungan Industri)



Assalamualaikum wr.wb
Hai readers , jumpa lagi dengan saya di blog ini . Sebelumnya saya membahas tentang lingkungan ekternal (lingkungan umum). Namun kali ini kita tetap membahas lingkungan eksternal tapi tentang lingkungan industri . SO, check this out !

Lingkungan Industri
Lingkungan ini sangat berpengaruh terhadap aspek persaingan antar perusahaan . Hal ini mengakibatkan akan muncul factor-faktor yang harus dihadapi oleh perusahaan yaitu ancaman-ancaman dan kekuatan-kekuatan yang harus diananlisis dengan baik oleh perusahaan.
Terdapat 6 aspek atau variable yang membentuk model untuk strategi bersaing yaitu :

1.             Ancaman masuk pendatang baru
          Masuknya suatu perusahaan sebagai pendatang baru akan menimbulkan          sejumlah ancaman bagi  perusahaan yang sudah ada sebelumnya dan akan terjadi perebutan pasar yg semakin kompetitif serta perebutan sumber daya produksi yang akan terbatas. Namun ada beberapa factor yang menjadi penghalang terhadap pendatang baru untuk masuk ke dalam lingkungan industry atau bisa juga disebut hambatan masuk . Faktor-faktor tersebut adalah :
ü    Skala ekonomi, sebagai pendatang baru yang berproduksi dalam skala kecil, akan dipaksa berproduksi dengan harga ata biaya yang tinggi untuk setiap unit barang yang mereka produksi .

ü    Diferensiasi Produk, perbedaan akan menciptakan suatu hambatan untuk masuk sehingga memaksa para pendatang baru untuk mengeluarkan biaya dan usaha yang besar untuk merebut pelanggan.

ü    Kecukupan modal, Jenis industry yg memerlukan modal yang besar merupakan hambatan bagi pebisnis baru , terutama jenis industri yang membutuhkan riset dan pengembangan serta eksplorasi.

ü    Biaya peralihan, biaya yg harus dikeluarkan pembeli apabila berpindah dari pemasok tertentu ke pemasok lainnya. Biaya ini ditanggung oleh konsumennya, jika biaya peralihan yang ditanggung cukup besar pesaing baru harus penawaran yang lebih menarik , terutama soal harga.

ü    Akses kesaluran distribusi, jalur distribusi sangat menentuka penyebaran produk, dimana perusahaan yg memiliki jalur distribusi yg luas dan bekerja dengan baik, akan dapat menhambat produk baru kedalam pasar yg dikuasai. Jadi bagi pendatang baru harus mengeluarkan biaya yg besar untuk membangun saluran sendiri.

ü    Keunggulan biaya , keunggulan biaya yang dimiliki oleh perusahaan yang sudah ada sangat sulit ditiru oleh pendatang baru. Keunggulan ini mungkin dikarenakan teknologi, konsesi bahan baku, atau juga subsidi pemerintah.

ü    Peraturan pemerintah, pemerintah membuat suatu aturan-aturan dibidang-bidang tertentu. Contohnya Daftar Investasi Negatif (DIN), dan peraturan pemerintah tsb. Dapat menghambat masuknya pendatang baru .

Cukup sekian dulu ya mengenai materi yg diposting , Selanjutnya  saya masiih akan memposting mengenai ke enam aspek tersebut. So, wait yaaa J





0 komentar:

Posting Komentar