Sabtu, 28 Februari 2015

JENIS – JENIS KEGIATAN BISNIS ( AKTIVITAS DISTRIBUSI )


Assalamualaikum wr.wb
post kali ini masih lanjutan post saya yang sebelumnya ya :)
  •  Aktivitas Distribusi

Kegiatan Bisnis yang melakukan fungsi pemindahan barang atau jasa dari suatu tempat ketempat lain . Atau istilah distribusi dalam kegiatan distribusi serinf dinamakan dengan saluran distribusi yaitu aktivitas yang menyalurkan barang dan jasa dari prusahaan ke lokasi penampungan baik yang berada di dalam ataupun diluar wilayah . Barang dan jasa harus dipindahkan ke suatu tempat yang memungkinkan konsumen dapat menikmati melalui proses pertukaran sehingga barang dan jasa yang di distribusikan memiliki nilai ekonomis.

Salah satu bentuk bisnis yang melakukan aktivitas distribusi ini adalah bisnis dibidang jasa kargo, banyak perusahaan yang lebih menyukai menggunakan jasa tersebut dikarenakan lebih praktis dan efisien dengan tingkat resiko yang minim . Perusahaan Jasa kargo pada dasarnya adalah melayani jasa pemindahan dari tempat penampungan ke tempat tujuan tertentu yang sudah ditentukan oleh si pemilik barang .

Namun di Indonesia ada yang melakukan kegiatan atau aktivitas bisnis yang bersamaan yaitu antara produksi dan distribusi , perusahaan yang melakukan aktivitas sekaligus seperti ini umumnya perusahaan yang berskala besar contohnya, PT. COCA COLA COMPANY selain memproduksi minuman cola merka juga melakukan aktivitas pendistribusian produknya meskipun hanya produknya sendiri . Hal ini lain dengan apa yang dilakukan oleh PT. TITIPAN KILAT yang khusus bergerak dibidang pendistribusian barang.

Suatu system distribusi yang baik, yaitu distribusi yang dapat memperluas pasar bagi produknya . Ia dapat mengurangi kebutuhan untuk memelihara besarnya persediaan bahan baku atau barang jadi dan menjamin bahwa barang dan jasa tersedia pada waktu , tempat yang dibutuhkan . Untuk bisa berhasil, maka perusahaan harus meningkatkan hubungan yang baik dengan para distributor dengan memberikan insentif – insentif dan bonus yang menarik . Dapat dibilang bahwa kekuatan atau keunggulan bersaing sebuah bisnis juga sangat ditentukan oleh seberapa kuat perusahaan tersebut meningkatkan jaringan pemasaran melalui pemanfaatan distributor – distributor secara efektif.




0 komentar:

Posting Komentar