Assalamualaikum
wr.wb
post kali ini masih lanjutan post saya yang sebelumnya ya :)
- Aktivitas Distribusi
Kegiatan Bisnis yang melakukan fungsi
pemindahan barang atau jasa dari suatu tempat ketempat lain . Atau istilah
distribusi dalam kegiatan distribusi serinf dinamakan dengan saluran distribusi
yaitu aktivitas yang menyalurkan barang dan jasa dari prusahaan ke lokasi
penampungan baik yang berada di dalam ataupun diluar wilayah . Barang dan jasa
harus dipindahkan ke suatu tempat yang memungkinkan konsumen dapat menikmati
melalui proses pertukaran sehingga barang dan jasa yang di distribusikan
memiliki nilai ekonomis.
Salah satu bentuk bisnis yang melakukan
aktivitas distribusi ini adalah bisnis dibidang jasa kargo, banyak perusahaan
yang lebih menyukai menggunakan jasa tersebut dikarenakan lebih praktis dan
efisien dengan tingkat resiko yang minim . Perusahaan Jasa kargo pada dasarnya
adalah melayani jasa pemindahan dari tempat penampungan ke tempat tujuan
tertentu yang sudah ditentukan oleh si pemilik barang .
Namun di Indonesia ada yang melakukan
kegiatan atau aktivitas bisnis yang bersamaan yaitu antara produksi dan
distribusi , perusahaan yang melakukan aktivitas sekaligus seperti ini umumnya
perusahaan yang berskala besar contohnya, PT. COCA COLA COMPANY selain
memproduksi minuman cola merka juga melakukan aktivitas pendistribusian
produknya meskipun hanya produknya sendiri . Hal ini lain dengan apa yang
dilakukan oleh PT. TITIPAN KILAT yang khusus bergerak dibidang pendistribusian
barang.
Suatu system distribusi yang baik, yaitu
distribusi yang dapat memperluas pasar bagi produknya . Ia dapat mengurangi
kebutuhan untuk memelihara besarnya persediaan bahan baku atau barang jadi dan
menjamin bahwa barang dan jasa tersedia pada waktu , tempat yang dibutuhkan .
Untuk bisa berhasil, maka perusahaan harus meningkatkan hubungan yang baik
dengan para distributor dengan memberikan insentif – insentif dan bonus yang
menarik . Dapat dibilang bahwa kekuatan atau keunggulan bersaing sebuah bisnis
juga sangat ditentukan oleh seberapa kuat perusahaan tersebut meningkatkan
jaringan pemasaran melalui pemanfaatan distributor – distributor secara
efektif.
0 komentar:
Posting Komentar