Laporan
keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan atas
transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.
Laporan keuangan yang disusun oleh manajemen yaitu :
1. Laporan Laba Rugi ( Income statement/
profit & loss statement )
Laporan
laba rugi adalah suatu laporan yang menunjukan pendapatan-pendapatan dan
biaya-biaya dari suatu unit usaha untuk suatu periode tertentu. Selisih antara
pendapatan dan biaya merupakan laba yang diperoleh atau rugi yang diderita oleh
perusahaan. Laporan laba rugi dapat disusun dalam 2 bentuk yaitu :
a.
Multiple
Step (bertahap)
Bentuk
laporan laba rugi yang mengelompokkan pendapatan dan biaya kedalam
urutan-urutan tertentu sehingga bias diketahui penghasilan, sbb.
-
Laba
bruto, yaitu hasil penjualan dikurangi dengan harga pokok penjualan.
-
Penghasilan
usaha bersih, yaitu aba kotor dikurangi biaya usaha.
-
Penghasilan
bersih sebelum pajak, yaitu penghasilan usaha bersih ditambah dan dikurangi
dengan pendapatan danbiaya diluar usaha.
-
Penghasilan
bersih sesduah pajak, yaitu penghasilan bersih sebelum pajak dikurangi pajak
penghasilan.
b. Single Step
Dalam
bentuk ini, tidak dilakkan pengelompokkan pendapatan dan biaya kedalam kelompok
usaha dan diluar usaha, tetapi hanya dipisahkan antara:
-
Pendapatan
dan laba
-
Biaya
dan kerugian
2. Laporan perubahan Ejuitas ( Statement
of changes in equity )
Lpaoran
yang menunjukan sebab-sebab berubahnya komposisi ekuitas/modal perusahaan.
Untuk perusahaan yang berjenis perseroan, laporan perubahan ekuitas dengan nama
Lpaoran Laba ditahan (Retained Earnings Statement). Laporan perubahan ekuitas
terdiri dari ekuitas awal ditambah laba atau rugi periode berjalan dan
dikurangi dengan dividen atau prive (pada perusahaan perseorangan) pada periode
yang bersangkutan.
Rumusnya
:
-
Bila
perusahaan mengalami laba:
Modal
akhir = Modal awal + Laba –
dividen/prive
-
Bila
perusahaan mengalami rugi:
Modal
akhir = Modal awal – Rugi- dividen/prive.
3. Neraca ( Balance Sheet )
Laporan
yang menunjukkan keadaan keuangan suatu unit usaha pada tanggal tertentu.
Laporan ini terdiri atas akun-akun Aset, Kewajiban, dan Ekuitas.
4. Laporan Arus Kas (Statement of cash
flow)
Laporan
yang menunjukkan keluar masuknya kas dalam datu periode. Laporan initerbaji
menjadi 3 aktivitas yaitu :
-
Aktivitas
Operasi
-
Aktivitas
Investasi
-
Aktivitas
Pendanaan
5. Catatan atas Laporan Keuangan ( Notes
to Financial Statement)
Catatan-catatan
penting yang menjelaskan tentang angka-angka yang ada di laporan laba rugi.
Laporan perubahan ekuitas, neraca, dan laporan arus kas.
0 komentar:
Posting Komentar