Senin, 25 Januari 2016

Pengertian dan Jenis Laporan Keuangan



Laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan atas transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan. Laporan keuangan yang disusun oleh manajemen yaitu :

1.       Laporan Laba Rugi ( Income statement/ profit & loss statement )
Laporan laba rugi adalah suatu laporan yang menunjukan pendapatan-pendapatan dan biaya-biaya dari suatu unit usaha untuk suatu periode tertentu. Selisih antara pendapatan dan biaya merupakan laba yang diperoleh atau rugi yang diderita oleh perusahaan. Laporan laba rugi dapat disusun dalam 2 bentuk yaitu :
a.        Multiple Step (bertahap)
Bentuk laporan laba rugi yang mengelompokkan pendapatan dan biaya kedalam urutan-urutan tertentu sehingga bias diketahui penghasilan, sbb.
-          Laba bruto, yaitu hasil penjualan dikurangi dengan harga pokok penjualan.
-          Penghasilan usaha bersih, yaitu aba kotor dikurangi biaya usaha.
-          Penghasilan bersih sebelum pajak, yaitu penghasilan usaha bersih ditambah dan dikurangi dengan pendapatan danbiaya diluar usaha.
-          Penghasilan bersih sesduah pajak, yaitu penghasilan bersih sebelum pajak dikurangi pajak penghasilan.
b.       Single Step
Dalam bentuk ini, tidak dilakkan pengelompokkan pendapatan dan biaya kedalam kelompok usaha dan diluar usaha, tetapi hanya dipisahkan antara:
-          Pendapatan dan laba
-          Biaya dan kerugian
2.       Laporan perubahan Ejuitas ( Statement of changes in equity )
Lpaoran yang menunjukan sebab-sebab berubahnya komposisi ekuitas/modal perusahaan. Untuk perusahaan yang berjenis perseroan, laporan perubahan ekuitas dengan nama Lpaoran Laba ditahan (Retained Earnings Statement). Laporan perubahan ekuitas terdiri dari ekuitas awal ditambah laba atau rugi periode berjalan dan dikurangi dengan dividen atau prive (pada perusahaan perseorangan) pada periode yang bersangkutan.
Rumusnya :
-          Bila perusahaan mengalami laba:
Modal akhir           = Modal awal + Laba – dividen/prive
-          Bila perusahaan mengalami rugi:
Modal akhir            = Modal awal – Rugi- dividen/prive.
3.       Neraca ( Balance Sheet )
Laporan yang menunjukkan keadaan keuangan suatu unit usaha pada tanggal tertentu. Laporan ini terdiri atas akun-akun Aset, Kewajiban, dan Ekuitas.
4.       Laporan Arus Kas (Statement of cash flow)
Laporan yang menunjukkan keluar masuknya kas dalam datu periode. Laporan initerbaji menjadi 3 aktivitas yaitu :
-          Aktivitas Operasi
-          Aktivitas Investasi
-          Aktivitas Pendanaan
5.       Catatan atas Laporan Keuangan ( Notes to Financial Statement)
Catatan-catatan penting yang menjelaskan tentang angka-angka yang ada di laporan laba rugi. Laporan perubahan ekuitas, neraca, dan laporan arus kas.

0 komentar:

Posting Komentar