Selasa, 19 Januari 2016

KOMUNIKASI BISNIS

Komunikasi Bisnis
 
    Komunikasi adalah proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu system yang biasa baik dengan symbol maupun prilaku/tindakan. Komunikasi bisnis
    adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia usaha/ bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu komunikasi verbal maupun nonverbal.
    Komunikasi dibagi menjadi 2 , yaitu :
    - Komunikasi Verbal : komunikasi dalam bentuk percakapan atau tertulis.

    - Komunikasi non verbal : bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis dengan menggunakan gerakan-gerakan tubuh dan bahasa tubuh ( body
    language) sebagai alat untuk berkomukasi dengan orang lain.

    Komunikasi dalam bisnis dapat berjalan efektif, tergantung bagaimana ketrampilan menyampaikan ( melalui tulisan dan berbicara) dan menerima (mendengaR &membaca) pesan-pesan bisnis. Tujuan Komuniasi bisnis dalam dunia usaha, antar lain :
  
    - Memberi informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain.

    - Memberi bujukan kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahamai dengan baik dan benar, terutama saat melakukan negosiasi bisnis.

    - Melakukan kolaborasi atau kerja sama bisnis anatar seseorang dengan orang lain.

    Pesan –pesan bisnis harus sesuia dengan situasi yang ada. Ide-ide dapat disampaikan melalui dua saluran, yaitu komunikasi lisan dan komunikasi tertulis.
    Pilihan mendasar antara berbicara atau menulis tergantung pada tujuan atau maksud dari suatu pesan, audience, dan karakter dari kedua saluran komunikasi
    tersebut.

    a. Komunikasi Lisan, komunikasi ini digunakan bila pesan yang disampaikan sederhana dan tidak memerlukan catatan yang permanen. Komunikasi lisan mencakup
    percakapan antar dua orang atau lebih, seperti pembicaraan melalui telepon, wawancara kerja, dan seminar.

    b. Komunikasi tertulis, pesan-pesan tertulis juga memliki berbagai bentuk seperti surat, memo, proposal, dan laporan. Format tulisan diperlukan jika
    informasi yang disampaikan bersifat kompleks dan membutuhkan catatan permanen untuk referensi dimasa yang akan dating.

    Dalam memilih komunikasi & media komunikasi apa yang akan digunakan perlu dipertimbangkan tingkat kepentingannya., formalitas, kompleksitas, tingkat
    kerhasiaan, emosi. Biaya pengiriman, serta harapan pendengar.

Media Komunikasi
    Media komunikasi adalah alat/ sarana yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara komunikator dan komunikan. Fungsi media komunikasi, yaitu :

    a. Sebagai alat untuk menyampaikan pesan, berita, atau informasi.

    b. Mempermudah penyampaian pesan

    c. Memperjelas isi informasi yang disampaikan

    d. Mengefektifkan proses penyampaian pesan.

0 komentar:

Posting Komentar